Trik Menghafal Hadits dan Memahami Maknanya ala Ustadz Ali Murtadlo

oleh -615 Dilihat
Ustadz Ali Murtadlo saat mengajarkan trik menghafal hadist cepat dan benar

MOJOKERTO-Beritabaikjatim.com- Santriwan dan satriwati Pondok Pesantren (Ponpes) eLKISI, harus mempu menghafal Alquran dan Hadist. Mereka juga dicetak untuk memahami sumber ajaran Islam yang benar, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan ketika bermasyarakat kelak.

Senin (3/9/2022) malam, ba’dah salat Isak, sedikitnya 50 orang santri kela 7 berkumpul di masjid yang menjadi satu komplek dengan ponpes, kemudian duduk bersilah sambil membuka buku kecil yang berisikan hadist.

Ustadz Ali Murtadlo, guru Tahfidh Ponpes eLKISI, duduk di kursi di hadapan para santri yang mayoritas mengenakan baju gamis warna putih sambil mejelaskan hadist-hadist yang harus dihafalkan para santri. Tidak hanya menghafal, mereka juga wajib memahami isi hadist dan bacaannya dengan benar.

Para santri kelas 7 Ponpes eLKISI Pungging, Mojokerto sedang mengikuti hafalan hadist.

Ustadz Ali, mengajarkan teknis menghafal. Santri kemudian menghafal satu hadits pendek lengkap dengan sanad (sandaran), matan, dan rawi (diriwayatkan siapa) dalam tempo satu menit. Seluruh santri dapat menghafalkan dalam tempo singkat dan sekaligus memahami maknanya secara ringkas.
“Kita ada cara tersendiri untuk memahmi dan manghafal hadits. Jadi para santri akan dibimbing sampai bisa, dari satu hadist ke hadist berikutnya, itu kami terapkan tiap hari. Hukumnya wajib harus hafal dan memahaminya, ada target harian hafal, mingguan, bulanan dan seterusnya. Sehingga kelak mereka sudah lulus mondok sudah bisa mengajarkan, minimal untuk dirinya sendiri dalam kehidupan beragama,” kata Ustadz Ali.
Santri mengikuti proses hafalan Hadits dengan semangat dan senang. (bjo)

Yuk mondok di Ponpes eLKISI. Info PSB eLKISI Tahun 2023/2024: 0321-6850002, 0812-1876-8485

No More Posts Available.

No more pages to load.