Ribuan Warga Kunjungi Pameran Kegunungapian di Lumajang

oleh -676 Dilihat

LUMAJANG. Beritabaikjatim com Pameran arsip kegunungapian dan simulasi arsip akibat bencana, resmi berakhir (6/10). Kegiatan yang dihelat bersama Arsip Nasional RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lumajang, berjalan sukses.

Kegiatan yang dihelat sejak 27 September tersebut, menarik perhatian masyarakat sebagai pengguna arsip. Jumlah pengunjung tercatat mencapai seribu lebih.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lumajang, Paimin mengatakan, pengunjung datang dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, pelajar SMA, SMP dan SD, termasuk dari lembaga lembaga lainnya. “Ada juga yang dari Makasar,” katanya.
Disampaikan Kadis Paimin di Gedung Perpustakaan Mula Malurung, Lumajang tempatnya acara, pameran ini sebagai upaya mengingatkan kembali bahwa Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif.
Pameran ini dibuka Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wira Raja.
Ada 90 (sembilan puluh) foto, dan arsip terkait kegunungapian yang dipamerkan. Mulai dari erupsi Gunung Kelud, Gunung Bromo, Gunung Agung di Bali, hingga erupsi Gunung Semeru. 22 foto koleksi ANRI, 52 foto dari Dispusip Jatim, dan 16 foto dari Dinas Kominfo Kabupatren Lumajang.
Arsip-arsip mengenai kegunungapian tersebut bisa menjadi bahan informasi mengenai langkah-langkah yang harus diambil jika sewaktu-waktu ada insiden serupa. Seperti disampaikan Deputi Bidang Konservasi Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr. Kandar MAP, arsip tidak hanya untuk disimpan, tetapi harus dimanfaatkan sebagai rujukan dalam penanganan mana kala terjadi hal-hal serupa. Karena itu arsip bukan hanya menjadi memori kolektif lembaga, tetapi memori kolektif bangsa bahkan dunia,” kata Kandar saat pembukaan pameran kala itu.(bjo)

No More Posts Available.

No more pages to load.