Ibadah Puasa Membentuk Karakter Muslim

oleh -230 Dilihat

 

Oleh: Ferryismirza (fim) refrensitafsir Alquran+alhadits, 3 Ramadan 1443 H

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syaitan- syaitan dibelenggu.

Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan).

(HR. Ahmad)

Pelajaran yang terdapat dalam Hadits ,

  1. Puasa Ramadhan akan mempererat persaudaraan

Puasa Ramadhan yang di awali dengan sahur bersama keluarga dan diakhiri dengan buka bersama dengan Jama’ah di masjid.

Kedua aktifitas ini (kalau kita ambil hakekatnya) tanpa kita sadari akan melatih kebersamaan dan komunikasi keluarga dan saudara muslim lainnya.

Rasa syukur atas kebersamaan ini akan dapat mengokohkan keluarga dan secara tidak langsung akan membentuk karakter seorang muslim.

Saling mengingatkan (saling mensehati)  akan hal-hal yang membatalkan puasa dan sunnah.

Sunnah yang harus dihidupkan sa’at puasa, akan menambah ghiroh berpuasa Ramadhan.

Sebab puasa Ramadhan sebagai salah satu pondasi agama.

Dari Ibnu Umar RA  berkata : Rasulullah Shalallahu Alayhi Wasallam bersabda :

Islam dibangun di atas lima (hal),

 

  1. Syahadat Kesaksian tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah,
  2. mendirikan shalat,
  3. menunaikan zakat,
  4. haji
  5. puasa Ramadhan.

(HSR.Bukhari-Muslim)

 

  1. Memperbanyak bersedekah

Dari Ibnu Abbas RA. berkata : Nabi Shalallahu Alayhi Wasallam adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan.

Dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah sa’at bulan Ramadhan ketika Jibril. datang menemui Beliau Shalallahu Alayhi Wasallam.

Dan Jibril datang menemui Beliau Shalallahu Alayhi Wasallam pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al-Qur’an) hingga Al-Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi Shalallahu Alayhi Wasallam.

Apabila Jibril datang menemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus.

(HR. Bukhari-Muslim)

 

Sedekah yang terprogram dengan baik tanpa kita sadari akan membentuk kesadaran terhadap sesama. Sadar bahwa rezeki yang kita dapat, sebenarnya ada hak untuk saudara kita yang lain.

  1. Ibadah Puasa dengan iman

Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.

(HR. Bukhari, 38 dan Muslim, 760).

 

Bersama sama dengan keluarga berusaha mengkondisikan bahwa sa’at berpuasa Ramadhan ini dengan kesungguhan karena ta’at kepada Allah.

Hal ini tentu akan beda kalau dalam melakukan punya dengan dasar yang lain.

  1. Ibadah Qiyamu Ramadhan

Barangsiapa melakukan qiyamu Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa- dosanya yang telah lalu akan diampuni.

(HR. Bukhari, 37 dan Muslim, 759, dari Abu Hurairah).

Yang dimaksud qiyamu Ramadhan adalah shalat tarawih, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 6: 36.

Qiyamu Ramadhan dengan iman dan bermuhasabah atas segala dosa, bertaubat mohon ampun kepada Allah.

Hal ini seharusnya kita tanamkan kepada keluarga kita, sehingga sadar bahwa kita adalah makhluk yang dha’if. Tak berdaya sedikitpun tanpa pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Memperbanyak Do’a

Dan apabila hamba- hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

(QS. Al Baqarah : 186)

 

Berdo’alah kepada Allah, mintalah hal yang kita butuhkan, siapkan proposal yang mau diajukan kepada Allah. Rencanakan do’a dalam tiap waktunya serta kesungguhan memohon kepada Allah, yakinlah Allah pasti akan berkenan mengabulkan do’a kita.

  1. Pahala Puasa

Dari Abi Hurairah RA berkata; Rasulullah Shalallahu Alayhi Wasallam bersabda : Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman:

“Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali shaum, sesungguhnya shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan memberi balasannya. Dan puasa itu adalah benteng, maka apabila suatu hari seorang dari kalian sedang melaksanakan puasa, maka janganlah dia berkata kotor (rafats) dan bertengkar/ berteriak. Jika ada orang lain yg menghinanya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah dia mengatakan ‘Aku orang yg sedang berpuasa. Dan demi Dzat yg jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yg sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta’ala dari pada harumnya minyak kesturi. Dan untuk orang yg berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan, dia akan bergembira dengan keduanya, yaitu apabila berbuka dia bergembira dan apabila berjumpa dengan Tuhannya dia bergembira disebabkan ibadah puasanya itu.”

(HR. Bukhari-Muslim)

 

Kalau hal ini benar benar bisa kita lakukan, maka tentu kita akan mendapat derajat sabar. Dan orang sabar akan senantiasa Allah Subhanahu WA Ta’ala menyertainya.

 

Allah Subhanahu WA Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”

(QS. Al-Baqarah : 153)

 

  1. Keutamaan dan motivasi puasa

Dari Abi Hurairah RA.  berkata, Rasulullah Shalallahu Alayhi Wasallam bersabda :

Apabila datang bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka sedang pintu-pintu jahannam ditutup dan syaitan- syaitan dibelenggu.

Dalam riwayat Muslim, Apabila datang bulan Ramadhan pintu-pintu suurga dibuka sedang pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan- syaitan dibelenggu.

(HR. Bukhari-Muslim)

 

Tema hadits yang berkaitan dengan ayat al Qur’an,

Maka makan, minum dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah,

Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.

(QS. Maryam : 26)

 

fimdalimunthe55@gmail.com

No More Posts Available.

No more pages to load.