Renungan Sore, Insya Allah Bermanfaat

oleh -270 Dilihat

Oleh: Ferryismirza (fim) refrensi tafsir Alqur’an dan alhadits, 2 Ramadhan1443 H, 3 April 2022

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Amal Ibadah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan

 

Saudaraku…..

bulan Ramadahan merupakan satu-satunya bulan yang paling ditunggu ummat Islam se-dunia. Sebab, pada bulan yang suci ini mereka bisa mendapatkan banyak pahala. Bahkan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Ta’ala Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

 

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini setiap amal ibadah atau kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan. Untuk itu, setiap umat islam tidak hanya menjalankan puasa Ramadhan saja, tetapi mereka juga menjalankan ibadah dan kebaikan lainnya.

 

Jika kita ingin mendulang banyak pahala, sebaiknya jangan sia-siakan bulan suci Ramadhan ini dengan melakukan serangkaian amalan ibadah dan kebaikan berikut ini :

 

  1. Puasa Ramadhan.

 

Puasa menjadi kewajiban utama yang harus dilakukan umat islam selama bulan Ramadhan. Seseorang yang berpuasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus dari adzan subuh hingga adzan maghrib saja, tetapi juga harus menahan hawa nafsu lainnya, seperti menjaga emosional, menundukan mata dari hal tercela, memelihara lisan dari ghibah, memelihara telinga dari hal-hal yang dibenci agama dan sebagainya.

Jika itu dijalankan dengan baik, maka seseorang akan mendapatkan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat, bahkan puasanya juga bisa menghapus dosa-dosa yang dilakukan pada masa lalu, baik dosa kecil maupun dosa besar.

 

  1. Sholat Lima Waktu, Dzikir dan Do’a.

 

Sholat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan, sebab sholat menjadi tiang agama umat islam.

Bila kesehariannya saja bagi umat islam yang menjalankan sholat lima waktu mendapatkan pahala, maka bila ini dilakukan juga selama bulan Ramadhan, pahala yang didapat bisa berlipat-lipat ganda dan satu rakaatnya menjadi lebih berkah dari rakaat di bulan lainnya.

Selain itu, setelah sholat hendaknya ditutup dengan dzikir dan doa agar ibadah sholat kita semakin maksimal.

 

  1. Sahur.

 

Terkadang waktu sahur disepelekan bagi kebanyakan orang, sebab mereka khawatir kesiangan yang pada akhirnya tidak sahur. Untuk mengatasinya mereka memilih makan malam sebelum tidur kemudian tak lupa juga membaca niat puasa.

 

Padahal waktu sahur yang dianjurkan adalah dipenghujung malam sekitar jam 03:30 dini hari hingga menjelang imsak. Dengan melaksanakan sahur, seseorang yang berpuasa akan mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

  1. Menyegerakan Berbuka Puasa.

 

Waktu berbuka puasa dianjurkan untuk disegerakan ketika sudah mendengar Adzan Maghrib.

Jadi, bagi kita yang sedang dalam perjalanan bepergian, sebaiknya berhenti terlebih dahulu untuk berbuka puasa.

Alangkah baiknya juga jika sebelum melakukan perjalanan, kita sudah menyiapkan minuman dan makanan atau hidangan sederhana lainnya misalnya Kurma dan air.

 

  1. Sholat Tarawih.

 

Setelah berbuka puasa, bukan berarti ibadah dalam satu hari telah usai.

Ada rangkaian ibadah lain, yaitu kita dianjurkan sholat tarawih setelah sholat Isya’.

Sholat tarawih ini bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah bersama keluarga atau di mushola atau masjid dekat rumah.

 

  1. Membaca Al-Qur’an.

 

Pastinya semua umat islam sudah tahu kalau Al Quran pertama kali turun pada bulan suci Ramadhan.

Makanya bulan ini sangat istimewa bagi orang-orang yang membaca Al Quran, sebab satu huruf Al Quran yang dibaca akan dihitung sebagai satu kebaikan.

Tak heran bila di bulan ini, tak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk menghatamkan Al Quran hingga berkali kali.

 

  1. Bersedekah.

 

Bersedekah memang dilakukan umat islam untuk membersihkan rezeki yang diperolehnya.

Tetapi jika bersedekah di bulan Ramadhan bukan hanya itu saja, banyak keuntungan lainnya yang bisa didapat, antara lain membuat seseorang lebih dapat bersyukur atas apa yang dimilikinya serta pahala Ramadhan dilipatgandakan.

 

Banyak cara yang bisa kita lakukan dengan bersedekah mulai dari memberikan sebagian rezeki kepada orang yang berhak, memasukan rezeki kita ke kotak amal di mushola atau masjid serta memberikan makanan saat berbuka puasa kepada umat muslim yang juga sedang menjalankan ibadah puasa dan sebagainya.

 

  1. Zakat Fitrah.

 

Tak ada manusia yang sempurna. Bisa saja dalam satu bulan Ramadhan ada perkataan, sikap atau lainnya yang membuat ibadah menjadi tak sempurna. Tapi jangan khawatir, kita masih bisa menyempurnakan ibadah yang telah kita jalani selama satu bulan penuh dengan membayar Zakat Fitrah.

Zakat fitrah diperintahkan diberikan kepada yang berhak menerimanya pada mulai terbenamnya matahari 1 syawal hingga sebelum sholat idul fitri. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mulai membayarnya pada pertengahan Ramadhan.

 

  1. Silaturahmi.

 

Tak bisa dipungkiri lagi, dengan bersilaturahmi banyak manfaat yang akan didapat nantinya.

Dari berbagai hadist mengungkapkan bahwa Silaturahmi dapat melapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya.

Apalagi bila kita menjalankan silaturahmi di bulan puasa, maka kebaikan ini tentunya akan menghadirkan pahala. Silaturahmi ini bisa kita lakukan selepas sholat tarawih atau disaat menghadiri buka puasa bersama dengan Keluarga, saudara, teman atau rekan kerja.

 

Setiap umat muslim yang melaksanakan amalan selama bulan suci Ramadhan memang akan mendapat pahala yang berlimpah.

Untuk itu, lakukanlah semua amalan ibadah dan kebaikan dengan hati yang ikhlas, sehingga selain akan mendapatkan pahala yang maksimal, kita juga akan mendapatkan kebaikan lainnya.

 

Kita memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semoga dimudahkan dan di berikan kekuatan dalam menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini serta melakukan amal dan ibadah dengan sabar, ikhlas serta istiqomah, Aamiin yaa rabbal alaamiin….

 

fimdalimunthe55@gmail.com

No More Posts Available.

No more pages to load.