Peristiwa Penting di Hari ke-6 Bulan Ramadhan. Mau Tahu..?

oleh -336 Dilihat

Beritabaikjatim.com — Pada hari keenam Ramadhan, banyak peristiwa penting tercatat terkait keagamaan. Dikutif dari Ihram.co.id yang lansir Elbalad, Kamis (7/4/2022), banyak yang terjadi di hari yang masuk 10 hari awal Ramadhan ini.

Berikut peristiwa-peristiwa penting tersebut:

Turunnya Taurat: Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS pada hari keenam bulan Ramadhan. Seperti diketahui, kitab ini turun sebagai petunjuk bagi kaum Israil.

Turunnya Taurat dijelaskan Allah dalam Al Isra ayat 2:

وَءَاتَيْنَا مُوسَى ٱلْكِتَٰبَ وَجَعَلْنَٰهُ هُدًى لِّبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا۟ مِن دُونِى وَكِيلًا

Artinya: Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): “Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku,

Pembebasan Amorion.

Pada 6 Ramadhan 223 hijriah yang bertepatan dengan 31 Juli 838 masehi. Khalifah Abbasiyah al-Mu’tasim menjawab panggilan bantuan di Amorion dan menaklukkannya.

Pembebasan Aleppo

Pada tanggal enam Ramadhan tahun 532 hijriah bertepatan dengan 17 Mei 1138 Masehi kemenangan pertama umat Islam atas Tentara Salib terjadi di bawah kepemimpinan Imad al-Din Zangi, di utara Levant, di Aleppo.

Penaklukan wilayah Sindh

Pada tanggal 6 Ramadhan 63 hijriah, bertepatan dengan 14 Mei 682 masehi, Muhammad ibn al-Qasim mengalahkan tentara India di Sungai Indus, dan tanah Sindh dibuka, dan itu adalah pada akhir pemerintahan al-Walidm bin AbduMalik.   Semoga bermanfaat. (*)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.