Membangun Konten Kreatif yang Menginspirasi di Era Digital

oleh -333 Dilihat

Madura. Beritabaikjatim.com – Anggota Komisi I DPR RI, Slamet Ariyadi bekerjasama dengan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo melaksanakan Webinar Literasi Digital dengan tema “Tren Konten Kreatif di Era Digital”. Webinar ini dilaksanakan pada Jumat, 15 Maret 2024, secara online melalui Zoom Meeting.

Selamet Ariyadi anggota Komisi I DPR RI mengatakan, salah satu alasan seminar ini dilaksanakan  untuk mendapatkan wawasan baru tentang literasi dalam berdigital, pemanfaatan platform digital, dan juga tren konten yang sedang berkembang secara kreatif di era digital.

“Tren konten digital bukanlah hal baru dalam kehidupan kita. Tentunya, tren ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman”,  kata Slamet Ariyadi.

“Oleh sebab itu, para anak muda di era digital ini diharapkan mampu memanfaatkan berbagai platform digital dengan konten-konten kreatif dan positif”, harapnya.

Slamet Ariyadi juga menambahkan bahwa, tren konten kreatif terbentuk karna adanya perbedaan budaya di detiap daerah, sehingga tren konten yang bermunculan akan sangat bervariasi, mengingat tingginya kreatifitas para konten creator.

“Namun tren konten yang dibuat haruslah memiliki nilai positif, sehingga nantinya jejak digital yang dihasilkan juga akan positif”, jelasnya.

“Dengan adanya webinar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kominfo, diharapkan kita semua akan semakin cakap dalam memanfaatkan berbagai media digital”, sambungnya.

Widodo Muktiyo, selaku Guru Besar Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret, mengatakan bahwa pada era digital ini, informasi menjadi kekuatan baru yang menyelimuti kehidupan  sehari-hari.

“Ditambah dengan adanya revolusi industri 4.0, maka tantangan yang dihadapi saat ini adalah kehidupan yang dipenuhi dengan informasi dan data yang jumlahnya sangat banyak”, harapnya.

“Ledakan konektivitas sedang terjadi pada era digital ini, sehingga menyebabkan banyak orang di seluruh dunia menjadi saling terhubung satu sama lain dengan adanya media digital. Ledakan ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan skill dan produktivitas di berbagai hal, termasuk konten-konten kreatif yang tentunya bermanfaat bagi banyak orang”, papar Widodo.

Mohammad Abdhalul Farizi, selaku Pegiat Media Sosial mengatakan bahwa konten kreatif di era digital merupakan konten yang disajikan dengan inovasi yang menarik.

“Konten kreatif merupakan konten yang disajikan dengan format inovatif, menarik, dan unik, sehingga mampu memberikan kesan tersendiri bagi para audiens”, ucapnya

“Namun, dengan begitu banyaknya konten kreatif yang tersedia di internet, para kreator konten juga dihadapkan pada persaingan yang ketat. Untuk menonjol”, harapnya.

“Mereka perlu memastikan konten mereka tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki pesan atau cerita yang kuat. Konten kreatif yang berhasil adalah yang dapat menghibur, memotivasi, atau mempengaruhi audiensnya”sambungnya .(bjo)

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.