Ini Amalan yang Penting Ditingkatkan di 10 Hari Terakir

oleh -249 Dilihat

Beritabaikjatim.com – Ramadan tinggal sebentar lagi. Kita segera sampai pada hari kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri. Sejauh ini, amalan apa saja yang sudah kita lakukan dan tingkatkan selain amalan wajib berpuasa, salat lima waktu juga amalan sunah yakni tarawih.
Sebagai bulan yang istimewa, setiap hari di bulan Ramadan juga sangat penuh dengan keutamaan. Setiap amal ibadah kebaikan mendapat pahala yang berlipat ganda. Siapa saja yang berbuat baik di bulan Ramadan, tulus ikhlas beribadah karena Allah ta’ala dan menjalankan serta menjauhi laranganNya dengan baik, ia akan mendapat berkah dan banyak kebaikan dalam hidupnya di dunia maupun akhirat.
Mengenai bulan Ramadan, di 10 hari terakhir bulan Ramadan dikatakan juga menjadi hari-hari yang sangat istimewa. Karena keistimewaannya, Rasulullah SAW selalu beribadah lebih giat di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Di dalam hadis riwayat ‘Aisyah dijelaskan “Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).
Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi disebutkan, “Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.”
Salah satu keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah siapa yang bersungguh-sungguh beribadah karena Allah, sungguh-sungguh dalam bertaubat dan menjalankan segala perintahNya, Allah akan membebaskannya dari api neraka. Orang yang sungguh-sungguh beribadah di 10 hari terakhir ini juga akan mendapat pahala yang berlipat ganda.
Di 10 hari terakhir Ramadan, Rasulullah pun sangat menyukainya. Ini karena hari ini penuh keutamaan dan keistimewaan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,
“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” (HR. Muslim dan Ahmad).
Malam Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Ramadan
Malam paling istimewa yakni malam Lailatul Qadar, malam yang dikatakan lebih mulia dari seribu bulan ada di sepuluh malam terakhir Ramadan. Walau tidak dijelaskan secara detail kapan tepatnya malam itu datang, tapi banyak yang percaya bahwa malam itu ada di satu malam di antara 10 malam yang ada.
Rasulullah SAW bersabda, “Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari).
Mengingat begitu mulianya 10 malam terakhir di bulan Ramadan, sebaiknya lebih tingkatkan amal ibadah kebaikan di malam-malam ini. Amal ibadah yang sebaiknya ditingkatkan mulai dari salat malam, membaca Al-Quran, berdzikir, i’tikaf di masjid, sedekah dan menyantuni anak yatim.
Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.(bjo)
Sumber: www.fimela.com

No More Posts Available.

No more pages to load.