Dosen dan Mahasiswa IPGKBA Malaysia Belajar Mengenal Budaya Indonesia

oleh -1080 Dilihat
Dosen dan mahasiswa IPGKBA Malaysia yang mengkuti belajar mengenal budaya Indonesia dalam Program Anjangsana Perkampungan Ilmiah di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

SURABAYA. Beritabaikjatim.com-
Belajar bersama dengan cara yang fun, tentu menjadi hal yang menarik. Hal itu pula yang mendasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bekerjasama dengan Institut Pendidikan Guru Kampus Bahasa Antarabangsa (IPGKBA), Kuala Lumpur Malaysia melakukan kerjasama Program Anjangsana, Perkampungan Ilmiah ke Universitas PGRI Adi Buana.
“Peserta saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam kegiatan ini,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Hertiki, S.Pd., M.Pd.

Hertiki menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya sudah menjadi agenda rutin tahunan dua kampus tersebut. Untuk kali ini, sebanyak 18 mahasiswa dan 10 dosen IPGKBA melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik. Di antaranya menggelar kuliah tamu sebanyak lima kali, yang diisi oleh para mahasiswa dan dosen berprestasi dari dua kampus tersebut.
Kegiatan ini berlangsung 12-18 Des 2022, dan penandatangangan Certificate of Collaboration (CoC) dilakukan 14 Des 2022 oleh Rektor Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Dr Subandowo dan Pengarah IPGKBA Datin Dr Hajah Bushro Binti Ali. Saat kuliah tamu, dihadiri para mahasiswa, Asean Youth Center, Dekan, Kaprodi, dan para dosen fakultas.
Beberapa kegiatan tersebut di antaranya Dialog Pemimpin Pelajar Nusantara. Dalam kegiatan ini, ada perwakilan dari dua institusi. Misalnya dari Universitas PGRI Adi Buana yakni Shabrina Tsabyca Adelya yang pernah meraih juara English Speech Competition Sabrina di Thailand. Juga Sri Winengsih, yang pernah meraih awardee International Credit Transfer di Thailand. Sedangkan dari IPGKBA dihadirkan Muh Syukri bin Syamsuri sebagai penanggungjawab program Anjangsana.

Selama seminggu tersebut, peserta putri tinggal di rumah orang tua asuh. Sedangkan peserta putra tinggal di asrama kampus.
Kegiatan ini diinsiasi oleh Dr Mohd Ghazali Taib, Ketua Jabatan Hal Ehwal Pelajar IPGKBA Kuala Lumpur.

“Saat tinggal di orang tua asuh, mereka mengikuti jadwal dari orang tua asuhnya. Jadi terkadang ikut ke pasar,” terang Hertiki.

Para mahasiswa juga dikenalkan dengan Kepala Balai Bahasa Jawa Timur. Saat malam perayaan, mereka dikenalkan berbagai budaya Indonesia. Diantaranya tarian Ganongan, karawitan, dan lain-lain.

Kerjasama dengan IPGKBA, mendapat dukungan penuh dari rektor dan jajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Itu dilakukan untuk terus membangun kampus yang bisa go international.
“Ke depan, kami berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh prodi yang lain. Karena banyak manfaat, selain menambah teman, juga jejaring internasional makin luas,” kata Hertiki.(en)

No More Posts Available.

No more pages to load.