Bacaan Doa Sahur Ramadhan dan 5 Keutamaannya, Apa saja?

oleh -349 Dilihat

Beritabaikjatim.com. Umat Islam akan segera menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Pada bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Dikutif dari suara.com Salah satu rangkaian kegiatan saat puasa adalah makan di waktu sahur. Simak bacaan doa sahur Ramadhan dan keutamaan mengerjakannya berikut ini.

Puasa Ramadhan wajib hukumnya untuk dikerjakan setiap umat muslim yang sudah memasuki usia baligh, sehat jasmani dan rohani serta sedang tidak melakukan perjalanan atau mushafir. Khusus bagi perempuan ketika hendak menjalani ibadah puasa, ada syarat tambahan yaitu mereka harus suci dari haid dan nifas. Lantas, seperti apa doa sahur Ramadhan dan keutamaan mengerjakannya?

Saat berpuasa, umat muslim harus menahan diri dari lapar dan haus dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Oleh karena itu, sahur menjadi sesuatu yang penting untuk dikerjakan meskipun bukan menjadi bagian dari kewajiban saat berpuasa. Karena sumber energi dalam tubuh akan tetap terjaga meskipun kita seharian tidak makan atau minum. Berikut apa doa sahur Ramadhan dan keutamaan mengerjakannya.

Ketika sahur, terdapat doa atau niat yang harus dipanjatkan oleh umat muslim. Doa atau niat sahur ini dibaca dengan tujuan agar Allah mengetahui maksud kita dan ibadah yang kita jalani diterima serta dilancarkan. Berikut ini bacaan niat atau doa sahur Ramadhan yang dapat dipanjatkan umat muslim.

Doa Sahur Ramadhan

Memulai setiap ibadah baik itu wajib maupun sunnah harus diawali dengan membaca niat terlebih dahulu. Termasuk juga ketika hendak menjalani ibadah puasa Ramadhan. Berikut bacaan doa sahur Ramadhan: Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa. 

——————— ———————————

No More Posts Available.

No more pages to load.