Mengatasi Masalah Kesehatan dengan Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tepat

oleh -88 Dilihat
Shofi Maulidya Rahma.

Oleh: Shofi Maulidya Rahma

Program Studi Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang

Kesehatan itu mahal, jadi tidak ada orang yang mau sakit. Namun seringkali penyakit datang secara tiba-tiba hanya karena masyarakat mengabaikan kesehatannya. Tanpa disadari, terkadang gaya hidup sehari-hari bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit.

Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang menganut prinsip menjaga kesehatan. Menjaga pola hidup sehat bukanlah tugas yang mudah.

Ibarat orang dalam perjalanan dan menemukan dua arah yang berbeda, satu arah adalah jalan yang terjal, berbukit-bukit dan jauh sementara jalan yang lain mudah dan lebih dekat, tetapi macet.

Kebanyakan orang akan memilih rute yang paling mudah, meskipun ramai. Ini gambaran orang yang sering memilih mana yang mudah, mana yang enak, malas melakukannya, tidur nyenyak, dan malas berolahraga.

Orang yang memilih jalan hidup yang serba mudah dan tidak menentu dalam jangka panjang akan menjadikan dirinya tidak sehat, pemalas dan kehilangan jati diri karena hidup tidak disiplin dan tidak mampu mengendalikan diri.

Kesehatan adalah aspek yang sangat penting dalam menjalani kehidupan yang produktif dan bahagia. Sayangnya, banyak masalah kesehatan yang sering kita hadapi saat ini, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan gangguan pencernaan.

Faktor utama yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan adalah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak tepat.

Gaya hidup modern yang cenderung santai dan kurang aktif berkegiatan, ditambah dengan kecenderungan mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan yang tinggi lemak, gula, dan garam, menjadi penyebab utama masalah kesehatan tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengatasi masalah kesehatan ini melalui gaya hidup dan pola makan yang tepat.

Pola hidup sehat merupakan suatu pola kebiasaan hidup yang sesuai dengan prinsip menjaga kesehatan. Pola hidup sehat mencakup pola makan, menjaga kesehatan pribadi, istirahat yang cukup, dan aktif berolahraga.

Orang dengan pola hidup sehat antara lain mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mengkonsumsi makanan kaya serat, sayur dan buah segar setiap hari, menghindari makanan tinggi lemak, gula atau garam, mengkonsumsi susu atau produk susu setiap hari, tetap tenang dan selalu berpikir positif, usahakan berat badan tetap dalam batas normal, rutin berolahraga, cukup istirahat, minum air putih 1,5 – 2 liter perhari, tidak merokok.

Menjaga pola makan seimbang merupakan langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah kesehatan. Kita perlu memperhatikan komposisi nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi.

Nutrisi yang penting termasuk protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Kita harus menghindari makanan yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi.

Pedoman gizi yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan dapat membantu kita dalam menjaga pola makan yang seimbang. Sayuran dan buah-buahan kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Makanlah beragam sayur dan buah setiap hari untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Makanan olahan dan junk food seringkali mengandung tinggi lemak jenuh, gula, garam, dan zat aditif. Mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Sebagai gantinya, kita harus memberikan prioritas pada makanan segar dan alami seperti biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

Gaya hidup aktif dan rajin berolahraga secara teratur merupakan kunci untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Pilih aktivitas fisik yang kalian senangi, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang.

Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik yang bermanfaat setiap minggu untuk mendapatkan manfaat optimal. Permasalahan yang ada di masyarakat adalah budaya malas dalam berolahraga.

Dengan kata lain, tidak semua orang suka berolahraga. Agar orang gemar bermain atau berolahraga, aktivitas itu harus muncul dari motivasi diri sendiri dan dipilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tubuh masih dapat mengontrol aktivitas yang dilakukan, baik bentuk gerakan maupun kecepatan gerakan.

Mengatur istirahat berarti mengatur antara bekerja dan beristirahat. Tenaga manusia terbatas, kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat.

Jika kerja dan istirahat tidak seimbang maka badan akan tidak nyaman dan menimbulkan nyeri. Istirahat tubuh diperlukan untuk memberikan kesempatan pada organ atau organ dalam tubuh untuk melepaskan diri dari pekerjaan fisik agar tubuh dapat menjalankan tugas sehari-hari dengan baikIstirahat yang baik adalah tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari.

Tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari setelah seharian fisik bekerja. Selanjutnya, penting untuk menghindari merokok dan minum berlebihan.

Kedua kebiasaan tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk dampak negatifnya pada organ vital seperti paru-paru, hati, dan sistem peredaran darah.

Terakhir, kelola tingkat stres kita dengan baik. Stres yang tidak dikelola dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Temukan cara untuk menghilangkan stres, seperti bermeditasi, melakukan aktivitas menyenangkan, atau berkonsultasi dengan ahli jika diperlukan.

Mengatasi masalah kesehatan melalui gaya hidup dan pola makan yang tepat adalah perjuangan yang berkelanjutan. Kita harus memiliki tekad dan konsistensi dalam melakukan perubahan ini.

Dengan mengambil langkah kecil dan melakukan perubahan bertahap, kita dapat memegang kunci menuju kehidupan yang lebih sehat. Dengan menjaga  pola makan seimbang, memperbanyak asupan sayur dan buah, menghindari makanan olahan dan junk food, serta rutin berolahraga, kita dapat meningkatkan kualitas hidup  dan mengurangi risiko timbulnya masalah kesehatan.

Dengan mengoptimalkan kesehatan melalui gaya hidup dan pola makan yang tepat, kita dapat mencapai kehidupan yang lebih sehat, berenergi, dan bahagia. Jadi, mari kita bersama-sama menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat mulai dari hari ini untuk mencapai kualitas hidup yang optimal. (*)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.