Makna dan Amalan Nuzulul Qur’an

oleh -238 Dilihat

Beritabaikjatim.com–Nuzulul Qur’an merupakan waktu turunnya Al Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan Al Qur’an pada Lailatul Qadar, sebagaimana firmannya dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5, yang artinya :
“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Malam Qadar memiliki beberapa arti, di antaranya malam kemuliaan, karena pada malam itu permulaan diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz kepada Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Makna memperingati malam Nuzulul Qur’an yaitu mengingatkan kembali pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bisa memotivasi kepada umat Islam untuk selalu membaca Al Qur’an agar hidupnya berkah dan ada dalam ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dikisahkan bahwa pada malam itu langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Kita memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semoga dimudahkan dan di berikan kekuatan dalam menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini, melakukan amal dan ibadah secara sabar, ikhlas dan istiqomah.. serta menjadi ibadah yang diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga Kesehatan dan keberkahan tetap dilimpahkan kepada kita semua serta senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur dan memiliki hati yang terbaik, bersih dan ikhlas dalam berbuat kebaikan serta Allah Subhanahu Wa Ta’ala menerima Taubat dan memberikan ampunan atas dosa-dosa kita…
Aamiin Yaa Robbal Alaamiin…..

fimdalimunthe55@gmail.com
Pemulis adlah Wartawan Utama Sekertaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim

No More Posts Available.

No more pages to load.