SMA eLKISI Mempelajari Materi Asam Basa Menggunakan Indikator Alami

oleh -712 Dilihat

Mojokerto.beritabaikjatim.com.Rabu (17/5/2023) santriwati Kelas XI Sains 2 SMA eLKISI mengikuti praktikum yang dipandu oleh Ustadzah Nur Annidaul Muslimah, S.Pd. Bertempat di Laboratorium IPA Ponpes eLKISI. Praktikum ini bertujuan untuk mempelajari sifat-sifat asam dan basa serta menguji larutan menggunakan indikator alami.

Dalam praktikum ini menurut ustadzah Nur Annidaul, santri menggunakan berbagai bahan dan peralatan yang telah disiapkan. Bahan-bahan yang diperlukan meliputi larutan asam seperti cuka, netral aquades, dan larutan basa seperti larutan KOH dan sabun. Sedangkan indikator alami yang digunakan adalah kunyit dan bunga sepatu. Peralatan yang digunakan meliputi alu-mortar, plat tetes, pipet tetes, tabung reaksi, dan indikator universal.

Tidak ada kendala yang terjadi selama proses praktikum berlangsung. Namun, dalam evaluasi, Ustadzah Nur Annidaul Muslimah menyampaikan bahwa penyiapan bahan untuk praktikum sebaiknya lebih bervariasi. Misalnya, menggunakan dua jenis bahan asam, dua jenis bahan netral, dan dua jenis bahan basa. Hal ini akan memungkinkan santri untuk langsung mengamati perubahan warna larutan asam, basa, atau netral ketika dicampur dengan indikator alami yang digunakan.

“Respons dari peserta praktikum sangat positif. Para santri merasa senang dengan kegiatan pembelajaran ini karena mereka dapat memperoleh pengetahuan baru. Mereka belajar bahwa uji asam basa dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemui, seperti tumbuhan yang memiliki warna mencolok,” kata Usatadzah Nur Annidaul.

Praktikum ini dilaksanakan secara rutin oleh para santri SMA eLKISI sebagai bagian dari pembelajaran mereka pada semester kedua. Praktikum ini memberikan kesempatan kepada santri untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam lingkungan praktis.

Agenda praktikum berikutnya akan membahas aplikasi sistem koloid dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pembuatan alat penjernih air. Praktikum tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang sistem koloid dan manfaatnya dalam menjaga kualitas air yang kita konsumsi.

Dengan adanya kegiatan praktikum seperti ini, diharapkan santri SMA eLKISI dapat mengembangkan keterampilan praktis, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih baik tentang materi asam basa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.(bjo)

No More Posts Available.

No more pages to load.