Santri Ponpes eLKISI Mojokerto Berpartisipasi dalam Lomba MQK Tingkat Kabupaten

oleh -681 Dilihat
Para Santri Ponpes Elkisi, Mojokerto yang ikut Musabaqoh Qiroatul Kutub (MOK) tingkat Kabupaten Mojokerto

Mojokerto.beritabaikjatim.com- – Santri Pondok Pesantren eLKISI Mojokerto mengikuti Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Tema MQK Tahun 2023: “Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia”. Lomba Baca Kitab ini diikuti oleh sekitar 30 lembaga pendidikan di Mojokerto, yang bertujuan untuk menentukan perwakilan kontingen Kabupaten Mojokerto dalam lomba MQK tingkat Jawa Timur.

Dalam lomba yang digelar Selasa 930/5/2023), santri eLKISI berkompetisi dalam bidang fiqih dengan membaca kitab Fathul Qorib. Dua santri yang berpartisipasi dalam lomba ini adalah Arya Putra Rishwanto dan Zahra Tsabita Ulayya, keduanya merupakan santri kelas 11 di Kader Ulama. Mereka terpilih menjadi perwakilan eLKISI karena memiliki kemampuan terbaik dalam bidang qiroatul kutub fathul qorib.

Persiapan untuk lomba ini dilakukan dengan intensif di bawah bimbingan pembina Alfin Nadhiroh, S. Hum. Latihan dilakukan seminggu sekali, melibatkan berbagai teknik dan strategi membaca kitab Fathul Qorib agar mereka dapat tampil maksimal dalam lomba.

Pada lomba MQK tingkat Kabupaten akan dipilih dua putra dan dua putri terbaik untuk melanjutkan kompetisi di tingkat Provinsi, dan jika berhasil, mereka akan berjuang di tingkat Nasional. Partisipasi dalam MQK ini juga menjadi kesempatan bagi santri eLKISI untuk mengukir prestasi dalam bidang qiroatul kutub, serta memperoleh pengalaman berharga dalam berkompetisi dengan santri-santri terbaik dari seluruh Jawa Timur.

Diharapkan dengan keberhasilan mereka dalam lomba MQK tingkat Kabupaten ini, santri eLKISI Mojokerto dapat menjadi inspirasi bagi santri lainnya dan memotivasi mereka untuk terus mengembangkan kemampuan dalam membaca kitab. (az/bjo)

Kontributor: Alfin Nadhiroh, S. Hum.

No More Posts Available.

No more pages to load.